04
Sep
09

DPRD Akan Panggil Baperjakat

UNGARAN – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang H Bambang Kusriyanto BSc berencana memanggil Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) terkait pro kontra mutasi pejabat belum lama ini. Politisi asal PDI-P ini menerima keluhan sejumlah pejabat bahwa mutasi tidak sesuai dengan kompetensi.

’’Misalnya ahli ketel uap dimutasi ke bagian keuangan, ini kan kurang tepat. Berarti dimungkinkan proses Baperjakat tidak jalan,’’ kata Bambang Kusriyanto, kemarin. Sebagai pimpinan DPRD, politisi yang akrab disapa Bambang Kribo ini menerima sejumlah masukan agar legislatif menggunakan hak interpelasi atau hak bertanya kepada wakil bupati selaku Plt Bupati.

Anggota Fraksi Amanat Nasional (FAN) DPRD, Drs Achsin Ma’ruf mengatakan, pihaknya setuju dilakukan interpelasi untuk menghindari isu yang menjurus pada fitnah. ’’Interpelasi ini bahasa pesantrennya kan tabayun, jadi tidak masalah DPRD menanyakan proses sebenarnya bagaimana,’’ jelas Achsin.

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) HM Basari ST MSi mengatakan, siap menggalang interpelasi. ’’DPRD memiliki hak bertanya dan hasilnya terserah masyarakat yang menilai,’’ terangnya.

Dahlan Murdani dari Fraksi Keadilan Sejahtera (FKS) mengatakan, tidak ada alasan untuk interpelasi. ’’Dari pencermatan kami, tidak ada formasi jabatan yang aneh,’’ ujarnya.
Dikembalikan Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Mas’ud Ridwam SE sepakat interpelasi asal benar-benar tidak untuk kepentingan pribadi,’’ tuturnya. Menurut Mas’ud, ada dugaan mekanisme Baperjakat tidak jelas.

’’Kasihan pejabat yang sudah senior. Kami menyesalkan jika ada satu dua pejabat PNS yang membawa virus dan seolah jadi makelar, hingga membuat suasana tidak kondusif antarpejabat PNS. Ini sudah ada dalam catatan kami,’’ imbuhnya.

Wakil Bupati Semarang Hj Siti Ambar Fathonah mengatakan, tidak semua anggota DPRD menginginkan interpelasi. ’’Sebagian besar DPRD justru berterima kasih kepada saya. Apalagi proses mutasi juga sudah melalui Baperjakat,’’ terangnya, kemarin.

Menurut Ambar, ada pejabat yang ahli ketel uap dipindahkan ke bagian keuangan. Hal ini diakuinya sebagai kesalahan. ’’Saya manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan, begitu juga Baperjakat,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, pejabat yang bersangkutan sudah dikembalikan ke posisi awal. Berdasar informasi, pejabat tersebut sudah siap mengajukan pensiun dini karena mutasi yang tidak sesuai kompetensi itu.

Menurut Ambar, dari 847 pejabat yang dimutasi, perbandingan yang kecewa lebih sedikit dari yang tidak kecewa. Ditambahkan, dalam menata Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru kemarin pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin. (H14-16)
(suaramerdeka 16 januari 2009)


0 Responses to “DPRD Akan Panggil Baperjakat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: