04
Sep
09

Pembangunan tol Semarang-Solo ‘Pejabat jangan jadi spekulan tanah’

UNGARAN – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bambang Kusriyanto BSc menyatakan pejabat ataupun pengusaha besar untuk tidak menjadi spekulan tanah dalam pembebasan tanah milik warga, menyusul akan dimulainya pengerjaan jalan Tol Semarang-Solo. Oleh karena itu, pemerintah harus terbuka mengenai harga tanah dalam pemberian ganti rugi kepada masyarakat ketika akan melakukan pembebasan tanah.

“Pembangunan jalan tol Semarang- Solo memang dibutuhkan di Kabupaten Semarang. Karena dengan padatnya arus lalu lintas di jalan utama Semarang- Solo yang membelah Kabupaten Semarang, alternatifnya dengan pembangunan jalan tol,” ujar Kribo, sapaan akrab Bambang Kusriyanto, kemarin.

Menurut Bambang Kusriyanto, masyarakat harus diberi pemahaman dengan melakukan sosialisasi bahwa jalan tol tersebut benar-benar dibutuhkan. Sehingga masyarakat bersedia mendukung proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo itu.

“Kalau sekarang masyarakat sudah mulai sadar, dan mereka harus mendukung pembangunan jalan tol tersebut, jangan sampai masyarakat dirugikan secara finansial. Sehingga untuk masalah ganti rugi tanah ketika akan melakukan pembebasan tanah milik warga harus terbuka. Jangan sampai ada spekulan tanah,” tandas Bambang.

Apalagi, sambung Bambang Kusriyanto, yang terlibat sebagai spekulan adalah pengusaha besar dan pejabat yang notabene mempunyai uang serta pengaruh. Dia juga meminta kepada masyarakat untuk terbuka berapa ganti rugi tanahnya.

“Saya mengingatkan jangan sampai terjadi di daerah-daerah yang akan dibebaskan ada bocoran lahan yang akan dibebaskan, sehingga pejabat atau pengusaha besar menjadi spekulan tanah,” tukasnya.

Setiap kelurahan harus mengumpulkan warga pemilik tanah yang dipastikan terkena pembebasan untuk kepentingan jalan tol. “Sebaiknya warga menunggu sampai tim pengadaan tanah tol, Pemprov Jateng memberikan sosialisasi, sehingga warga paham harga per meter, ” ujarnya. rbd/ac


0 Responses to “Pembangunan tol Semarang-Solo ‘Pejabat jangan jadi spekulan tanah’”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: