07
Sep
09

Minim, Dosen PTS Bersertifikat

SEMARANG – Jumlah dosen perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah bersertifikat terhitung masih sangat minim. Berdasar data Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah, baru 491 orang dari 9.000 dosen di wilayah kerja Kopertis Wilayah VI yang bersertifikat.

Keminiman dosen PTS yang bersertifikat itu tak bisa dilepaskan dari program sertifikasi dosen PTS yang baru berlangsung sejak tahun lalu. ”Diharapkan, tahun 2012 setengah jumlah total dosen PTS sudah tersertifikasi,’’ kata Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Mustafid, di sela-sela pelantikan Rektor Unika, Selasa (1/9) lalu.

Program sertifikasi dosen, tutur dia, beriperan penting bagi profesi dosen. Selain berkait dengan pengakuan atas kompetensi, juga memengaruhi kesejahteraan para dosen. Sebab, dosen yang sudah bersertifikat berhak memperoleh tunjangan profesi satu kali gaji pokok bulanan.

”Sertifikasi tersebut merupakan bukti kompetensi PTS saat ini mulai diperhitungkan sama dengan kompetensi perguruan tinggi negeri (PTN). Jadi PTS tak lagi terpinggirkan,” ujarnya.

Banyak Kendala

Sementara itu Rektor IKIP PGRI Semarang, Muhdi, menyatakan pelaksanaan sertifikasi masih terkendala banyak hal. Misalnya, keterbatasan kuota yang disediakan yang tak sebanding dengan permintaan. IKIP PGRI, misalnya, selama satu tahun hanya diberi kuota 10-15 orang. ”Padahal, peminat yang memenuhi kualifikasi terus-menerus bertambah,’’ katanya.

Dia mengemukakan kebijakan bahwa dosen yang memenuhi kualifikasi minimal S2 tak akan mendapat tunjangan profesi jika meneruskan atau sedang melanjutkan pendidikan S3 menjadi kendala lain. Kebijakan itu dituding berbanding terbalik dengan semangat perguruan tinggi untuk mendorong peningkatan kualifikasi para dosen dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Akhirnya beberapa dosen memilih menerima tunjangan itu dan tak melanjutkan pendidikan. ”Itu jelas berlawanan dengan keinginan perguruan tinggi. Karena itu, saya berharap kebijakan itu dikaji lagi,” ujarnya. (H31-53)


0 Responses to “Minim, Dosen PTS Bersertifikat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: