07
Sep
09

Siswa SMA Berhasil Buat Prototipe Senjata Elektronik

JAKARTA-Seorang siswa SMAN 1 Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil membuat prototipe senjata elektronik murah tanpa suara sebagai alternatif pengganti senjata api TNI/Polri.

Keberhasilannya itu menghantarkan dirinya menjadi juara II Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2009.

Siswa tersebut, Miftah Yama Fauzan, dalam LPIR yang digelar Agustus 2009 mengajukan penelitian mengenai senjata elektronik dengan biaya murah untuk merebut juara II di bidang fisika, mesin, dan elektro.

”Senjata elektronik murah dan tanpa suara tersebut modelnya mirip pistol, tapi amunisinya bisa menggunakan logam apa saja, dan tidak pakai bahan peledak karena sistemnya 100 persen elektronikal,” kata Miftah dalam perbincangannya di siaran Iptek Voice di Kemeneg Ristek, Jakarta, belum lama ini.

Senjata tersebut saat digunakan menembak tidak mengeluarkan suara dan prototipe yang dibuatnya itu memiliki jarak tembak efektif maksimal 15 meter. Menurut Muftah, proyektilnya boleh apa saja, yang penting dari logam yang bisa dipakai dengan elektromagnet.
Hemat Anggaran Dalam LPIR 2009, Miftah memilih tema senjata elektronik murah tanpa suara karena akhir-akhir ini ia mendengar informasi sering ada kecelakaan pesawat TNI akibat kurangnya anggaran untuk perawatan pesawat-pesawat tersebut.

Ia mengatakan, dengan pembuatan senjata elektronik tanpa suara ini diharapkan dapat menghemat anggaran, karena biayanya jauh lebih murah dari senjata yang dipakai oleh TNI/Polri sekarang.

Mengenai pembuatan senjata tersebut, Miftah mengaku persiapannya tidak sulit. Pembuatan hardware dan lain-lain tidak ada masalah, hanya pada waktu lomba tersebut pembuatan proposalnya yang agak kesulitan.

Menurutnya, pembuatannya dia lakukan sendiri, sedangkan mengenai rumus-rumus, kecepatan peluru, dan energi untuk penembakan dicari di internet.

Uji coba sudah pernah dilakukan dengan sasaran tembak kaca berketebalan 2 mm, dan kaca tersebut pecah. Bentuk pelurunya mirip paku tumpul dengan diameter 0,5 cm dan panjang 2 cm.

Dia menjelaskan, senjata itu bisa untuk melumpuhkan atau mematikan sasaran karena kekuatannya bisa diatur. Misalnya, untuk menangkap penjahat kekuatannya bisa diturunkan karena mungkin hanya untuk melumpuhkan saja, tetapi kalau kondisi perang maka kecepatan pelurunya bisa dinaikkan. (A20-45)


0 Responses to “Siswa SMA Berhasil Buat Prototipe Senjata Elektronik”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: