19
Oct
09

Tugas Pak Priyo

A. Software Aplikasi
Software aplikasi meliputi berbagai jenis program yang dapat dibagi ke dalam kategori aplikasi umum dan khusus. Software aplikasi digunakan untuk melakukan pekerjaan pemrosesan informasi bagi pemakai akhir ( end user ).
1. Program Aplikasi Umum
Terdapat bermacam-macam program aplikasi umum, diantaranya: Software Suite, Penjelajah web, E-mail, Word Processing, Spreadsheets, Pengelola database, grafik presentasi, pengelola informasi personal dan groupware.
Di bawah ini akan di jelaskan beberapa contoh program aplikasi umum.
a. Software Suite dan Paket Terintegrasi
Software suite adalah software produktivitas yang paling banyak digunakan dijadikan satu sebagai software seperti Microsoft Office, Lotus SmartSuite, StarOffice dari sun.
Kelebihan dari software suite adalah berbiaya jauh lebih murah daripada biaya total membeli software-software di dalamnya secara terpisah, semua program menggunakan graphical user interface ( GUI ), berbagi alat yang sama seperti pemeriksa ejaan dan help wizard untuk meningkatkan efisiensi mereka, kelebihan software suite yang paling besar adalah suite program-programnya didesain untuk bekerjasama tanpa terlihat dan mengimpor masing-masing file dengan mudah, tidak peduli program apa yang anda gunakan saat itu.
Kelemahan software suite adalah terlalu memakan banyak tempat di harddisk.
b. Penjelajah Web
Komponen paling penting saat ini adalah penjelejah web ( web browser ) yang dahulu sederhana dan terbatas, sekarang kuat dan kaya fitur. Jikia dahulu dibatasi untuk berselancar dalam web, penjelajah kini menjadi program software universal tempat pemakai akhir meluncur ke dalam pencarian informasi, email, transfer file multimedia, kelompok diskusi, banyak aplikasi internet lainnya.

c. Elektronic Mail dan Pesan Instant
Hal pertama yang banyak dilakukan orang di seluruh dunia adalah memeriksa e-mail mereka. Elektonik mail telah mengubah cara orang bekerja dan berkomunikasi. Jutaan pemakai akhir kini bergantung pada software e-mail untuk berkomunikasi satu sama lain dan untuk menerima pesan elektronik serta lampiran file melalui internet atau intranet maupun ekstranet organisasi mereka.
Pesan instant adalah teknologi gabungan e-mail/ konferensi komputer yang telah begitu cepat hingga telah menjadi metode standart untuk pesan elektronik bagi jutaan pemakai internet di seluruh dunia. Dengan menggunakan pesan instant, sekelompok praktisi bisnis atau teman dan rekan dapat mengirim serta menerima pesan elektronik secara instan, dan akhirnya dapat berkomunikasi serta bekerja sama secara real time dalam model yang hampir seperti bercakap-cakap.
d. Word Processing dan Publikasi Desktop
Software untuk word processing telah mengubah proses penulisan. Software word processing mengkomputerasikan pembuatan, pengeditan, revisi dan pencetakan dokumen dengan secara elektronik memeproses data teks anda.
Software word processing terkenal seperti Microsoft Word, Lotus WordPro dan Corel wordPrefect dapat memberikan berbagai jenis dokumen cetak menarik melalui kemampuan pubilkasi desktop mereka.
Para pemakai akhir dan berbagai organisasi dapat menggunakan software publikasi desktop untuk menghasilkan bahan cetakan mereka sendiri yang tampak dipublikasikan secara profesional. Dengan kata lain, mereka dapat mendesain dan mencetak newsletter, brosur, buku petunjuk, dan buku mereka sendiri dengan beberapa jenis gaya, grafik, foto dan warna di setiap halaman. Software word processing dan software publikasi desktop seperti Adobe Pagemaker dan QuarkXPress digunakan untuk melakukan publikasi desktop.
e. Spreadsheet Eektronik
Software spreadsheet elektronik seperti lotus 123, Microsoft Excel dan Corel QuattroPro digunakan untuk analisis, perencanaan, dan pemodelan bisnis. Mereka membantu anda mengembangkan spreadsheet elektronik, yang merupakan lembar kerja dengan baris dan kolom yang dapat disimpan pada PC atau server jaringan anda, atau diubah ke format HTML serta disimpan sebagai halaman Web atau lembar keja pada World Wide Web. Mengembangkan spreadsheet melibatkan pendesainan formatnya dan mengembangkan berbagai hubungan (formula) yang akan digunakan dalam lembar kerja tersebut. Sebagian besar software juga membantu anda mengembangkan tampilan grafik dari hasil spreadsheet.
f. Grafik Presentasi
Software grafik presentasi membantu anda mengubah data numerik menjadi tampilan grafik seperti diagram garis, grafik batang, diagram kue, dan jenis-jenis grafik lainnya.
Software grafik presentasi seperti Microsoft PowerPoint, Lotus FreeLance atau Corel Presentation memberi anda banyak kemampuan mudah untuk digunakan, yang mendorong penggunaan grafik presentasi. Selain itu tentu saja software terkenal membantu anda menyusun presentasi grafik dan multimedia anda untuk ditransfer ke format HTML ke situs web pada intranet perusahaan atau pada World Wide Web.
g. Pengelola Informasi Personal
Pengelola Informasi Personal adalah software terkenal untuk produktivitas dan kerja sama antarpemakai akhir, selain itu juga merupakan aplikasi terkenal untuk peralatan genggam personal digital assistant ( PDA ). PIM seperti Lotus Organizer dan Microsoft Outlook membantu para pemakai akhir untuk menyimpan, mengatur dan menarik kembali informasi mengenai pelanggan, klien dan berbagai peluang atau menjadwalkan serta mengelola berbagai janji, pertemuan dan tugas. Software PIM akan mengatur data yang anda masukkan dan akan menarik kembali informasi dalam berbagai bentuk, tergantung pada gaya dan struktur dari PIM tersebut serta informasi yang anda inginkan. Sebagian besar PIM kini memasukkan kemampuan untuk mengakses World Wide Web dan menyediakan kemampuan e-mail. Selain itu, beberapa PIM menggunakan fitur internet dan e-mail untuk mendukung kerjasama tim dengan berbagai informasi.
h. Groupware
Groupware adalah software kerjasama, yaitu software yang membantu kelompok kerja dan tim kerja bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok. Groupware adalah kategori software aplikasi umum yang menggabungkan berbagai jenis fitur dan fungsi software untuk memfasilitasi kerjasama. Contohnya produk-produk groupware seperti Lotus Notes, Novell GroupWise dan Microsoft Exchange mendukung kerja sama melalui email, kelompok diskusi dan data base, penjadwalan, manajemen tugas, data, konferensi audio dan video, dan lain-lain.
Produk-produk groupware bergantung pada internet dan intranet serta ekstranet perusahaan untuk memungkinkan terjadinya kerjasama dalam skala global melalui tim virtual yang berlokasi dimanapun di dunia.
Kemampuan kerja sama juga ditambahkan pada software lainnya untuk memberi mereka fitur groupware. Contohnya software suite Microsoft Office, Microsoft Word, menelusuri siapa yang membuat revisi untuk setiap dokumen, sementara Excel menelusuri semua perubahan yang dibuat atas spreadsheet dan Outlook memungkinkan anda menelusuri tugas-tugas yang anda delegasikan ke para anggota tim lainnya.
2. Program Aplikasi Khusus
a. Software Aplikasi Bisnis
Ribuan software khusus tersedia untuk mendukung aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bidang bisnis dan bidang lainnya. Contohnya software aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-business strategis seperti manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning, dan manajemen rantai pasokan, contoh lain adalah software yang dapat dioperasikan dalam Web seperti electronic commerce atau dalam berbagai area fungsional seperti manajemen sumberdaya manusia, akuntansi dan keuangan.
b. Sains dan Teknik
c. Pendidikan, hiburan, dan lain-lain

B. Software Sistem
Software sistem terdiri dari berbagai program yang mengelola dan mendukung sistem komputer serta aktivitas pemrosesan informasinya. Conthnya, sistem operasi dan program manajemen jaringan berfungsi sebagai interface software penting antara jaringan komputer dengan hardware, serta dengan berbagai program aplikasi para pemakai akhir.
1. Program Manajemen Sistem
Program-program yang mengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya data dari sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari pemakai. Contoh dari program manajemen sistem yang penting adalah sistem operasi, program manajemen jaringan, sistem manajemen database dan utilitas sistem.
a. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah sistem terintegrasi dari berbagai program yang mengelola operasi CPU, kendali input/output dan sumberdaya serta aktivitasi penyimpanan dari sistem komputer, dan yang menyediakan berbagai layanan pendukung ketika komputer menjalankan program aplikasi para pemakai. Tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk memaksimalkan produktivitas sistem komputer dengan mengoperasikannya dalam cara yang paling efisien.
Sistem operasi melakukan lima fungsi dasar dalam operasi sistem komputer, yaitu menyediakan interface bagi pemakai, mengelola sumber daya, mengelola tugas, mengelola file, dan menyediakan layanan utilitas serta pendukung.
1. Interface Pemakai
Adalah bagian dari sistem operasi yang memungkinkan anda berkomunikasi dengan sistem operasi agar anda dapat memasukkan program, mengakses file dan menyelesaikan tugas lainnya. Tiga jenis utama dari interface bagi pemakai adalah command-drven, menu-driven dan graphical user interface.
2. Pengelolaan Sumber Daya
Sisem operasi menggunakan berbagai jenis program pengelolaan sunber daya untuk mengelola hardware dan sumber daya jaringan dari sistem komputer, termasuk CPU, memori, alat penyimpanan sekunder, prosesor telekomunikasi dan perferal input/output.
3. Pengelolaan File
Sistem operasi berisi berbagai program pengelolaan file yang mengendalikan pembuatan, penghapusan dan pengaksesan file dari data dan program.
4. Pengelolaan Tugas
Program-program pengelolaan tugas dari sistem operasi mengelola penyelesaian tugas komputasi para pemakai akhir. Pengelolaan tugas dapat melibatkan kemampuan multitugas yaitu kondisi beberapa tugas komputasi terjadi pada saat yang sama.
5. Penyedia layanan serta pendukung
Selain itu ada bermacam-macam sistem operasi yang saat ini digunakan oleh pemakai akhir di seluruh dunia, diantaranya:
a. Microsoft Windows
Perkembangannya mulai dari MS-DOS, Windows95, Windows98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan yg paling terakhir adalah Windows 7.
b. UNIX
Awalnya dikembangkan oleh AT&T, UNIX kini juga ditawarkan oleh penjual lainnya. UNIX adalah sistem operasi multitugas, multipemakai dan pengelola jaringan yang kemampuan portalnya memungkinkan sistem itu untuk dioperasikan pada mainframe dan komputer berskala menengah serta mikrokomputer.
c. Linux
Adalah sistem operasi yang mirip UNIX dengan biaya rendah tetapi kuat, yang secara cepat mendapatkan pangsa pasar dari UNIX dan server Windows sebagai sistem operasi berkinerja tinggi untuk berbagai server jaringan dan server Web dalam jaringan kecil serta besar.
d. Mac OS X
Adalah sistem operasi terbesar dari apple untuk iMac dan mikrokomputer Macintosh lainnya.
b. Program Manajemen Jaringan
c. Sistem Manajemen Database
d. Server Aplikasi
Menyediakan interface middleware antara sistem operasi dan program aplikasi dari para pemakai. Middleware adalah software yang membantu berbagai aplikasi software yang berbeda dan sistem komputer jaringan untuk bertukar data serta bekerja sama dengan lebih efisien.
e. Utilitas Sistem
Program-program seperti Norton Utilities melakukan berbagai pekerjaan pengaturan dan fungsi konversi file. Contohnya meliputi pembuatan cadangan data, pemulihan data, perlindungan dari virus, kompresi data dan defragmentasi data.
f. Pengawas Keamanan dan Kinerja
Pengawas keamanan adalah berbagai paket software yang memonitor dan mengendalikan penggunaan berbagai sistem komputer dan menyediakan pesan peringatan serta mencatat bukti penggunaan tidak sah atas sumber daya komputer.
Pemonitor kinerja adalah berbagai program yang memonitor dan menyesuaikan kinerja dan penggunaan dari satu atau lebih sistem komputer untuk menjaga mereka tetap berjalan secara efisien.
2. Program Pengembangan Sistem
Program-program yang membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yang mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer.
Program pengembangan software utama adalah penerjemah dan editor bahasa pemrograman, serta berbagai jenis CASE ( computer-aided software engineering ) dan alat pemrograman lainnya.
a. Bahasa Pemrograman
Ada bermacam-macam bahasa pemrograman yaitu bahasa mesin, bahasa perakitan, bahasa tingkat tinggi, bahasa generasi keempat dan bahasa yang berorientasi pada objek.
1. Bahasa Mesin
Adalah tingkat paling dasar dari bahasa pemrograman. Pada tahap-tahap awal pengembangan komputer, semua perintah proram harus ditulis dengan menggunakan kode binari yang unik untuk setiap komputer. Jenis pemrograman ini melibatkan berbagai tugas sulit untuk menulis perintah dalam bentuk untaian angka-angka binari atau sistem nomor lainnya.
2. Bahasa Perakitan
Adalah tingkat berikutnya dari bahasa pemrograman. Bahasa ini dikembangkan untuk mengurangi berbagai kesulitan dalam menulis program dengan bahasa mesin. Penggunaan bahasa perakitan membutuhkan program penerjemah bahasa yang disebut perakit yang memungkinkan sebuah komputer untuk mengubah perintah dari bahasa semacam ini ke dalam perintah mesin. Bahasa perakitan sering disebut sebagai bahasa simbol karena berbagai simbol digunakan untuk mewakili kode operasi dan lokasi penyimpanan.
3. Bahasa Tingkat Tinggi
Menggunakan berbagai perintah yang disebut pernyataan, yaitu menggunakan berbagai pernyataan singkat atau istilah aritmetika. Perintah bahasa tingkat tinggi sebenarnya merupakan perintah makro yaitu setiap pernyataan menghasilkan beberapa perintah mesin yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin oleh program penerjemah bahasa tingkat tinggi yang disebut compilers atau penerjemah. Bahasa tingkat tinggi seperti BASIC, COBOL, FORTRAN
4. Bahasa Generasi Ke empat
Menjelaskan jenis bahasa pemrograman yang lebih non prosedural dan lebih berbentuk percakapan daripada bahasa-bahasa sebelumnya. Sebagian besar bahasa generasi keempat adalah bahasa non prosedural yang mendorong para pemakai dan pemrogram untuk menspesifikasikan hasil yang mereka inginkan, sementara komputer menetapkan urutan perintah yang akan dapat mencapai hasil tersebut.
5. Bahasa yang Berorientasi pada Objek
Dianggap sebagai bahasa generasi kelima dan telah menjadi alat yang paling umum untuk pengembangan software. Dalam bahasa yang prosedural, sebuah program terdiri dari berbagai prosedur untuk melakukan tindakan atas setiap elemen data. Akan tetapi dalam sistem yang berorientasi pada objek, sebuah objek akan memberitahu objek lainnya untuk melakukan berbagai tindakan sendiri.
Bahasa yang berorientasi pada objek lebih mudah dan lebih efisien untuk memprogram graphic oriented user interface yang dibutuhkan oleh banyak aplikasi. Oleh sebab itu, bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman yang paling luas diterima untuk pengembangan software saat ini. Selain itu, begitu objek diprogram mereka dapat digunakan kembali. Oleh sebab itu kemampuan untuk penggunaan kembali objek adalah manfaat utama dari bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.
b. Program Penerjemah Bahasa
Program-program komputer terdiri dari serangkaian perintah yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman yang harus diterjemahkan oleh penerjemah bahasa ke dalam bahasa mesin milik komputer sebelum mereka diproses atau dijalankan oleh CPU. Program penerjemah bahasa pemrograman dikenal dengan banyak nama. Perakit menerjemahkan berbagai kode perintah simbolis dari program yg ditulis dalam bahasa perakitan ke dalam perintah bahasa mesin sementara compiler menerjemahkan pernyataan bahasa tingkat tinggi.
Penerjemah adalah jenis khusus dari compiler yang menerjemahkan dan menjalankan setiap pernyataan dalam program secara bersamaan sebagai ganti menghasilkan pertama-tama program bahasa mesin seperti yang dilakukan compiler dan perakit. Java adalah contoh dari bahasa yang diterjemahkan. Jadi, perintah program dalam applet java diterjemahkan dan dijalankan sambil jalan ketika applet sedang dijalankan oleh PC klien.
c. Alat Pemrograman
Proses pengembangan software dan komputer telah ditingkatkan dengan menambahkan graphical programming interface dan berbagai kemampuan pengembangan bawaan. Penerjemah bahasa selalu menyediakan beberapa kemampuan edit dan diagnosis untuk mengidentifikasi kesalahan pemrograman atau bugs. Akan tetapi sebagian besar program pengembangan software ini memasukan programming editor dan debugger yang kuat dan berorientasi pada grafik. Alat pemrograman ini membantu para pemrogram mengidentifikasi dan meminimalkan kesalahan dengan tetap meningkatkan efisiensi serta produktivitas para pengembang software. Alat pemrograman lainnya meliputi software pembuat diagram, pembuat kode, perpustakaan objek dan kode program yg dapat digunakan kembali, serta alat pembuatan prototipe. Semua alat pemrograman ini adalah bagian mendasar dari bahasa pemrograman yang banyak digunakan seperti Visual Basic, C++ dan Java.


0 Responses to “Tugas Pak Priyo”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: